Jumat, 08 Januari 2016

Analisis: Go-Tix, Loket Jualan Tiket Abang Go-Jek

Perusahaan aplikasi pemesanan ojek online, Go-Jek, kembali menambah layanan baru. Kali ini mereka menghadirkan Go-Tix, layanan mobile ticketing.


Lewat Go-Tix, penguna dapat memesan tiket dan dapat diantarkan menuju lokasi acara. Tapi saat ini tiket yang dapat dipesan masih terbatas untuk acara musik, olahraga, seni budaya, atraksi, hingga workshop.

Pemantauan detikINET pada Rabu (30/12/2015), layanan Go-Tix baru ada di aplikasi Go-Jek untuk Android. Sementara untuk iOS belum tersedia, mungkin beberapa hari lagi setelah update baru muncul.

Saat setelah jari menekan layanan Go-Tix di aplikasi Go-Jek, penguna akan disuguhi tiga menu yakni What's Happening, On Sale dan My Ticket. Bagian What's Happening menyediakan berbagai informasi acara yang akan berlangsung dalam waktu dekat.

Ketika menekan salah satu acara, akan muncul informasi yang terkait, mulai dari waktu, tempat, deskripsi, denah hingga harga tiket. Bila acara tersebut berbayar, pengguna dapat langsung memesan tiket di bagian bawahnya. Sementara bila acara tersebut gratis, terdapat tombol pemesanan Go-Ride untuk mengantar pengguna ke lokasi.

Di bagian On Sale, kita dapat dengan mudah menemukan acara apa saja yang tiketnya sudah bisa dipesan lewat Go-Jek. Saat detikINET mencoba memesan, beberapa acara membatasi pembelian hingga 6 tiket dalam sekali transaksi.

Pengguna kemudian diberi waktu 15 menit untuk melakukan pembayaran. Untuk pembayarannya sendiri, Go-Jek baru menyediakan opsi kartu kredit. Bisa jadi ke depannya dapat mengunakan Go-Jek Credit ataupun cash saat tiket diantar oleh pengemudi ojeknya.

Pengiriman tiketnya sendiri tergantung promotor acara. Bila berbentuk tiket fisik, pihak Go-Jek akan mengantarkannya menggunakan armada ojeknya. Sementara bila berupa e-ticket, pihak Go-Jek akan memberikan informasi soal mekanisme selanjutnya.


Analisis:

Startup yang mulai terkenal karena inovasi barunya dalam membuat ojek menjadi "online" ini tak hentinya membuat gebrakan baru. Go-Tix dapat membuat penggunanya memesan ticket dengan lebih mudah. Bukan sekedar ticket elektrik yang masih bisa dibeli di beberapa website, namun juga ticket fisik yang dapat diantarkan langsung oleh armada Go-Jek secara langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar