Jumat, 08 Januari 2016

Analisis: Facebook Messenger bakal Punya 'Pelayan Toko'

Fungsi Facebook Messenger akan diperluas. Pengguna bisa berbelanja lewat layanan ini, dan dilayani oleh bot yang akan bertindak sebagai pelayan toko.


Facebook memungkinkan sejumlah developer terpilih bisa mengakses Software Development Kit (SDK) untuk Messenger. Dengan demikian, mereka bisa membuat bot untuk aplikasi messenger ini.

Bot di sini bukan mesin otomatis yang menyebarkan spam, melainkan bot yang dilengkapi kecerdasan buatan dan bisa merespons permintaan pengguna ketika akan membeli sesuatu melalui Messenger.

"Kami punya ide agar pengguna tak hanya bisa berbicara kepada sesama pengguna. Ke depannya, e-retailer bisa menambahkan tombol 'Beli' dan layanan lainnya," kata Product Manager Facebook Seth Rosenberg seperti detikINET kutip TechCrunch, Kamis (7/1/2016).

Langkah yang dilakukan Facebook ini membuat layanan Messenger mirip seperti WeChat dan Line. Dua layanan ini misalnya, bisa mengontak akun resmi sebuah brand atau merchant untuk membeli tiket film, bahkan membayar sebuah tagihan.

Dengan membuat aplikasi chat punya lebih banyak fungsi, Facebook sepertinya berharap agar para penggunanya semakin betah dan loyal memakai layanan Messenger.



Analisis:

Membeli barang via online melalui chat dan dilayani oleh bot? Sepertinya facebook mulai ingin mengembangkan hal tersebut. Mempermudah proses transaksi bagi si penjual mungkin akan meningkatkan angka penjualan juga. Entah teknologi ini akan segera diterapkan. Semoga dapat sesuai ekspektasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar