Jumat, 08 Januari 2016

Analisis: Drone Ini Bisa Angkut Orang & Jadi Armada Taksi

Selain televisi, perangkat wearable atau smartphone, perangkat lain yang banyak dipamerkan di arena Consumer Electronic Show 2016 adalah drone. Salah satunya sebuah drone yang bisa mengangkut seorang penumpang dan direncanakan menjadi armada taksi di masa depan.


Adalah perusahaan asal China bernama EHang yang memamerkan drone ukuran besar dengan empat lengan berbaling-baling itu. Mereka mengklaimnya sebagai kendaraan terbang pertama di dunia yang ditujukan untuk sarana transportasi manusia.

"Anda tahu kan bagaimana rasanya duduk di sebuah mobil Ferrari? Drone ini sepuluh kali lebih baik," umbar pendiri Ehang, George Yan yang dikutip detikINET dari DailyMail, Kamis (7/1/2015).

Drone bernama 184 itu sepenuhnya otomatis. Pengguna cukup duduk dan menuliskan tujuan di aplikasi smartphone, kemudian drone akan terbang ke sana. "Saya pikir ada keinginan di kita semua untuk terbang. Kami mewujudkan impian itu," kata Yan.

"Semuanya dikalkulasi di sistem back end untuk memilih rute paling optimal, tidak akan bertabrakan juga dengan drone lain. Di drone itu kami juga membuat layanan back up canggih sehingga jika sistemnya gagal, sistem lain akan mengambil alih," paparnya.

Nama 184 sendiri berasal dari satu penumpang, delapan roket pendorong dan empat lengan. Ia dirancang untuk penerbangan jarak sampai 16 kilometer dengan kecepatan sekitar 86 kilometer per jam. Si drone dapat pula terbang dan mendarat secara vertikal.

"Adopsi massal dari drone ini akan mengurangi kemacetan dan kecelakaan. Drone 184 menyediakan solusi yang jelas terhadap banyak tantangan yang dihadapi industri transportasi dengan cara efektif dan efisien," klaim Yan.

Ehang nantinya juga akan menyediakan pusat kontrol yang beroperasi 24 jam untuk memastikan semua drone terbang dengan aman. Mereka berencana memasarkannya beberapa bulan lagi, pertama kali di China, kemudian menyasar pasar Eropa dan Amerika Serikat. Harganya belum disebutkan.


Analisis:

Salah satu inovasi yang sangat cemerlang, drone yang dapat mengangkut orang! Hal-hal yang dilakukan orang di masa depan dalam film fiksi itu pun sebentar lagi akan terwujud. Terbayang di masa depan setiap orang hilir mudik dengan kendaraan terbang untuk 1 orang ini. Sungguh terlihat "masa depan".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar