Kamis, 05 November 2015

Analisis: Visi Besar Memajukan Bangsa Lewat Teknologi

Jakarta - Kunjungan Menkominfo Rudiantara ke Silicon Valley, Amerika Serikat, beserta sejumlah pendiri startup asal Indonesia, membawa harapan baru bagi talenta muda untuk ikut memajukan bangsa lewat teknologi.

Harapan itu disampaikan oleh pendiri sekaligus CEO Traveloka, Ferry Unardi, yang ikut bersama rombongan menteri saat berkunjung ke kawasan industri teknologi di negeri Paman Sam sejak 25 Oktober 2015.

Dalam lawatan ini, Ferry bertemu dengan investor serta pemain penting di industri teknologi Amerika Serikat. Pada kesempatan ini Ferry memaparkan potensi industri teknologi Indonesia sekaligus peran Traveloka dalam memajukan industri tersebut.

“Kunjungan ini menjadi langkah awal yang baik bagi pemerintah Indonesia untuk mendorong pertumbuhan startup tanah air. Sudah saatnya industri teknologi Indonesia bangkit dan mulai memainkan peranan penting di ASEAN," ujarnya lewat surat elektronik kepada detikINET, Senin (2/11/2015).

Dengan adanya lawatan ini, Ferry juga berharap dapat menginspirasi startup dalam negeri untuk terus maju. Apalagi, Menteri Rudiantara sebelumnya telah mengatakan ingin menciptakan 1.000 teknopreneur hingga 2020 dan memajukan ekonomi digital Indonesia sebagai yang terbesar di ASEAN.

Diperkirakan pada tahun 2020, nilai transaksi e-commerce di Indonesia akan mencapai USD 130 miliar. Angka ini diyakini tak sulit untuk dicapai jika program digital entrepreneur ini bisa dijalankan bersama oleh pemerintah dan seluruh stakeholder.

“Saya percaya Indonesia memiliki potensi besar untuk membangun industri teknologi seperti Silicon Valley. Pertumbuhan positif yang dicapai oleh Traveloka dan beberapa startup lain menjadi bukti bahwa kita mampu bersaing," kata Ferry.

"Saya rasa ini semua bisa terwujud karena didukung oleh talenta muda Indonesia yang memiliki semangat juang serta visi besar untuk memajukan bangsa lewat teknologi,” pungkasnya di akhir email.

sumber: inet.detik.com

Analisis:

Dengan akan dilaksanakannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada 2016 mendatang, membuat daya saing sumber daya manusia di Indonesia akan meningkat tajam. Teknologi yang kini menjadi pusat perkembangan berbagai bidang haruslah ditingkatkan di Indonesia. Misi Menteri Rudiantara dalam menciptakan 1.000 teknopreneur hingga 2020 akan menjadi salah satu solusi dalam mencapai sumber daya manusia Indonesia dapat bersaing dalam MEA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar