Kamis, 05 November 2015

Analisis: Keren, Gmail Otomatis Balas Email

Jakarta - Fungsi 'Smart Reply' yang menggunakan kecerdasan buatan di Gmail, bisa sangat bermanfaat bagi pengguna, seolah Google menuliskan email untuk Anda.


Software ini menyediakan respons otomatis untuk email yang masuk ke inbox. Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan, Gmail bisa menganalisa isi email dan memberikan respons yang sesuai, kemudian menjawabnya dengan pintar.

Misalnya, jika dalam sebuah email terdapat kalimat "Do you have any documentation on how to use the new software," Gmail menyediakan tiga opsi respons seperti, "I don’t, sorry," "I will have to look for it," dan "I’ll send it to you".

Seperti dilansir Telegraph, Rabu (4/11/2015), pengguna hanya tinggal memilih tiga opsi jawaban ini sebagai balasan email tanpa perlu mengetik kalimat. Atau jika dirasa perlu, bisa saja kalimat pesan tersebut sedikit diedit. Yang jelas, lebih meringankan pengguna merespons sebuah email.

Untuk saat ini, fitur tersebut baru tersedia dalam versi bahasa Inggris. Ketersediaannya akan dirilis secara bertahap bagi pengguna Gmail di Android dan iOS mulai pekan ini. Belum ada informasi apakah fitur ini akan diintegrasikan juga ke Gmail versi web.

Fitur respons otomatis ini mungkin terlihat sederhana. Namun berdasarkan catatan Greg Corrado, Senior Research Scientist di Google, cara kerjanya ternyata cukup rumit.

Software ini diaplikasikan ke mesin learning tool yang dipakai Google di semua layanannya, untuk memahami dan membentuk bahasa dan kalimat sehari-hari.

"Smart Reply dibangun pada dua software buatan 'neural networks'. Software ini meniru struktur otak manusia dan sudah 'dilatih' Google untuk memahami bahasa sehari-hari," tulis Corrado dalam postingan blognya.

Pertama, neural network akan menginterpretasi arti dari isi email yang masuk dan membuat balasan. Sistem ini dikatakan Corrado merespons dengan lebih cerdas dan sesuai konteks.

Selanjutnya, Gmail akan membentuk sejumlah kata dan kalimat yang sesuai dengan isi email dan menyediakan jawaban yang natural, seperti dijawab oleh si pengguna sendiri, bukan oleh mesin.

sumber: inet.detik.com

Analisis:

Seperti biasa, Google memang selalu membuat inovasi yang luar biasa. Kali ini Google membuat pembalas email otomatis. Bekerja seolah manusia yang memberikan saran balasan email kepada pengguna. Teknologi ini bisa dibilang cukup berguna ketika pengguna sedang dalam kondisi sulit mengetik balasan email karena alasan tertentu. Semoga kelak teknologi ini dapat digunakan dalam bahasa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar