Kamis, 02 Oktober 2014

Mampukah Indonesia Mencapai MDGs 2025?

189 negara dalam konferensi tingkat tinggi PBB telah menyetujui MDGs (Millennium Development Goals). Yang mana ini berarti Indonesia pun termasuk di dalamnya. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mencapai MDGs?  Pengurangan kemiskinan, pencapaian pendidikan dasar, kesetaraan gender, perbaikan kesehatan ibu dan anak, pengurangan prevalensi penyakit menular, pelestarian lingkungan hidup, dan kerjasama global. Itulah hal yang harus dilakukan guna mencapai MDGs.


Semua hal itu pasti sangat terkait dengan ekonomi. Karena dengan ekonomi yang baik, maka hal-hal yang harus dilakukan guna mencapai MDGs akan dengan mudah terlaksana. Namun inilah yang menjadi permasalahan utama. Karena tingkat ekonomi Indonesia masih bisa dikatakan kurang dari cukup. Pendapatan per kapita Indonesia yang masih kalah dari Timor Leste sangatlah memprihatinkan.

Oleh karena itu, peningkatan ekonomi adalah kunci untuk mencapainya MDGs. Cara untuk meningkatkan ekonomi di Indonesia yang masih kurang maksimal adalah faktor penghambat MDGs. Karena sesungguhnya warga miskin haruslah diberi kemampuan untuk bersaing dan lapangan kerja. Bukan diberi uang tunai seperti BLT (Bantuan Langsung Tunai) yang hanya akan membuat warga miskin semakin malas bekerja dan semakin miskin.

Untuk mencapai MGDs, sangatlah diperlukan upaya maksimal dari semua kalangan. Dan jika MDGs tercapai, maka secara tidak langsung, sebagian cita-cita Indonesia-pun tercapai. Karena tercantum dalam UUD 1945 yang berbunyi mewujudkan kesejahteraan umum dan upaya mencerdaskan kehidupan bang­sa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar