Minggu, 19 Oktober 2014

Macam-macam Organisasi

Seperti yang dijelaskan dalam artikel sebelumnya Ciri-ciri, Unsur, dan Teori Organisasi, salah satu ciri-ciri organisasi adalah kecenderungan spesialisasi. Organisasi memiliki beberapa macam, yaitu:


1. Organisasi Niaga
Organisasi ini biasanya dibuat guna mencari keuntungan. Dilihat dari namanya pun, niaga, sudah jelas organisasi ini berspesialisasi dalam dunia bisnis/perdagangan. Contoh organisasi niaga: PT, CV, Joint Ventura, Fa,Koperasi, Trust, Kartel,Holding Company.

2. Organisasi Sosial
Organisasi ini bertujuan untuk membangun bangsa. Karena organisasi ini memiliki cakupan spesialisasi yang luas tergantung cara untuk membangun bangsa yang dipilih. Organisasi ini ada karena sifat manusia itu sendiri, yaitu sosial. Manusia tidak akan bisa hidup sendiri, oleh karena itulah organisasi sosial ini ada.

3. Organisasi Regional dan Internasional
Seperti namanya, regional dan internasional. Jelas regional memiliki cakupan yang lebih kecil dibandingkan dengan internasional. Organisasi-organisasi ini dibuat guna mempermudah jalannya kerja sama antar negara. Contoh organisasi regional: ASEAN (Association of South East Asian Nation), APEC (Asia Pasific Economic Cooperation), dll. Contoh organisasi internasional: PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar